Minggu, 07 April 2013

PANEN LELE KELOMPOK BUDIDAYA IKAN " SUMBER REJEKI" (Membutuhkan Modal Untuk Pengembangan)

Pada hari Minggu, 7 April 2013 salah satu kelompok budidaya ikan "Sumber Rejeki" yang beranggotakan Eko, Danang, Sagiman, Isnan, Ridlo, Aldi, Wahyu, Alif, Erwan, dan Andi yang ada di dusun Trosari, Salam, Patuk, Gunungkidul, DIY ini melakukan proses panen lele. Panen lele ini di mulai pada pukul 06.00 WIB. Setelah malamnya sebagian lelenya dipancing buat pesta pecel lele bersama kelompok budidaya ini dan teman-teman karang taruna, paginya langsung dipanen. "Sebenarnya panen ini hanya panen sisa budidaya musim lalu. Yang pada waktu itu kurang lebih lele yang tersisa berjumlah 100 ekor. Tetapi setelah dipanen ternyata hasilnya melebihi perkiraan", kata Eko Sugiarto, ketua kelompok budidaya ikan ini.






Dia juga menambahkan bahwa sebenarnya tujuan utama mendirikan kelompok budidaya ikan ini pada awal 2012 lalu hanya untuk kebersamaan saja. Biar nanti kalau ngumpul bareng membahas sesuatu hal bisa disamping kolam sambil beri makan lele. Tetapi setelah dibudidayakan, usaha ini tidak hanya memperoleh keuntungan disitu. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan secara materiil. Sehingga bisa untuk menambah uang saku ke sekolah, karena rata-rata anggota kelompok ini masih pelajar dan mahasiswa.

Disinggung tentang modal awal dari usaha ini, dia menjelaskan bahwa modal awal berasal dari swadaya para anggota. Iurannya diangsur dan nantinya antara sesama anggota jumlahnya sama. Kelompok ini juga pernah mengajukan proposal ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) pada tahun 2012, tapi sampai tahul 2013 ini belum ada respon apa-apa. Dan pada tanggal 1 April 2013 kemarin juga mengajukan proposal pengembangan ke DKP juga, tapi malah di tolak karena tidak ada pengesahan dari PPL Patuk, sedangkan PPL untuk perikanan di Patuk belum ada. Itulah pahit manis perjalanan kelompok usaha ini dalam upaya mengembangkan usaha ini. 

Tetapi walaupun banyak rintangan, usaha ini tetap eksis. Hingga kini kelompok ini sudah mempunyai 3 kolam terpal, yaitu 2 untuk pembesaran, dan 1 untuk proses pembibitan. Dengan jumlah yang sangat minim ini menjadi kendala kelompok ini dalam rangka memenuhi permintaan pasar. Setiap habis panen, pasti dalam hitungan menit saja sudah habis diburu konsumen. dan sering ada konsumen yang kecewa karena kehabisan.

Untuk itu kelompok budidaya ikan tersebut sangat mengharapkan adanya investor yang mau mengajak bekerjasama dalam usaha bidang perikanan ini. Bila ada investor atau pihak-pihak lain yang berkenan untuk membantu, mensupport dan bekerjasama, silahkan hubungi no. HP ini ( 081904030098).
Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.


SALAM PEMUDA...
SALAM ENTREPRENUER...
SEMANGAAATTTT......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar