Minggu, 14 April 2013

JATHILAN KRIDO MUDHO TROSARI

Kebudayaan adalah warisan leluhur yang harus kita jaga dan kita lestarikan supaya tidak punah dimakan oleh waktu. Salah satu kebudayaan tersebut adalah jathilan. Jathilan kini banyak disukai oleh setiap orang mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua. Dimana-mana pentas seni jathilan digelar, mulai dari acara hajatan, peringatan hari-hari besar maupun untuk sekedar promosi. Sehingga kesenian jathilan kini menjadi populer di mana-mana.
Jathilan Krido Muda adalah jathilan yang terdapat di dusun Trosari, Salam, Patuk, Gunungkidul. Kesenian ini dibawah naungan Karang Taruna "Tunas Muda" Trosari. Oleh sebab itu, karang taruna menyusun program karang taruna untuk bidang kesenian. Program- program itu antara lain : menjaga dan melestarikan budaya yang ada di dusun Trosari, mengadakan latihan rutin jathilan, mengadakan pentas seni jathilan untuk berbagai event, dan menggunakan seni dan budaya untuk sarana promosi dan sosialisasi.
Beberapa program tersebut kini telah berjalan. Latihan rutin juga sudah dilakukan setiap malam Ahad. Dalam latihan tersebut banyak antusias dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja maupun orang tua. Bahkan berberapa alat musik yang memainkan adalah anak-anak. Misalnya Aziz (Drum) dan Doni (gong). Walaupun mereka masih anak SD tapi permainan alat musiknya tidak kalah dengan orang dewasa. Bahkan mereka malah lebih jago. Itulah fenomena yang terjadi di Karang Taruna Unit Tunas Muda umumnya dan di kesenian Jathilan Krido Mudo Trosari.

AYO SEMANGAT PARA PEMUDA....
MARI KITA JAGA DAN LESTARIKAN BUDAYA INDONESIA..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar